Mengenai Saya

Foto saya
Hobi nerjemahin apapun, asal bahasa Jepang. Baru saja keterima di salah satu Fansubs sebagai penerjemah 'v')/ Tapi, yang digarap jauh dari kata "ikemen". Punya PJ di salah satu Fansub. Juga masih nerjemahin Owari no Seraph novel di kiminovel.
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

BUNGA BALON | BALLOON FLOWER

Nama ilmiyah : platycodon grandiflorum 


(Bunga Balon : Sumber gambar: shoaibnzm2.blogspot.com)

Tumbuhan dengan Bunga berwana ungu (ada juga yang biru ) pada di atas, disebut dengan Bunga Balon. Mengapa disebut dengan Bunga Balon?
Pada gambar diatas, di bagian kanan gambar tersebut ada kuncup bunga dari Bunga Balon yang belum mekar. Bentuk kuncupnya yang menggembung itulah yang menjadi asal muasal disebut dengan Bunga Balon. Bunga Balloon berasal dari China dan Jepang. Di Negara Jepang sendiri, Bunga Balon termasuk dalam "Seven Flower of Autum" Nama Jepang nya adalah bunga Kikyo. Tumbuhnya bisa mencapai 45 Cm.  

(Bunga Balon yang mekar sempurna)

Jika Bunga Balon telah mekar sempurna, maka bentuk yang tadinya bulan, akan berubah menyerupai bentuk Bintang. Hal inilah yang menyebabkan orang sering kali salah menduga, menyebut Bunga Balon sebagai Bunga Bintang (Star Flower). Meskipun bentuknya hampir sama, tetapi sifatnya berbeda. Bunga Balon suka sinar matahari langsung. Sedangkan Bunga Bintang tidak.

CARA MERAWAT BUNGA BALON :

Bunga Balon adalah bunga yang tahan banting. Dalam artian dia tidak akan mudah mati. Untuk lebih rincinya berikut ini adalah cara perawatan dari bunga Balon yang mudah & murah :
  1. Menyukai dan tumbuh baik pada sinar matahari penuh (langsung). Karena itu pastikan bunga Balon mendapat sinar matahari yang cukup.
  2. Beri air dengan intensitas sedang. Seminggu 2X pada pagi hari. (Menyiram pada sore hari dimana suhu udara mulai lembab dapat memicu tumbuhnya penyakit tumbuhan, seperti Jamur).
  3. Pastikan tanah tempat tumbuh, tidak terlalu basah (kebanyakan air), karena akan menyebabkan pembusukan akar.
  4. Jika ingin sedikit mahal :) beri fertilizer pada awal penanaman, dan semprotkan fungisida setiap 2 minggu sekali. Campurkan juga tanah tempat tumbuh dengan kompos.
Yang terpenting dari perawatannya adalah : Sinar matahari cukup, dan air yang cukup.

ARTI BUNGA BALON (BAHASA BUNGA BALON) :

Seperti bunga-bunga lainnya, Bunga Balon juga memiliki arti/bahasa bunga. Arti dari Bunga Balon adalah "CINTA YANG TAK BERUBAH/CINTA ABADI" "KEJUJURAN" dan juga "KEPATUHAN".

Jadi, tertarik untuk menanam Bunga ini ??
Untuk daerah Sleman, Yogyakarta, kalian bisa dengan mudah mendapatkan bunga ini pada "SUNDAY MORNING UGM". Ada penjual Bunga Balon yang biasanya mangkal di sebrang Fakultas Perikanan UGM. Harganya 15.000 Rupiah (tanpa menawar). Tetapi karena Bunga nya gak selalu mekar, mungkin hanya di jual sekitar bulan September-November.

Happy Growing| Qwerentz 

sumber artikel :
Blessington, Thimas M, David L, dkk. 1990. Ballon Flower Production and Consumen Care. U.S. University of Maryland

Richards, Betty W, Anne Kaneko. 1989. Japanese Plants : Know Them & Use Them. Tokyo. Shufunotomo Co.,LTD.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar